Silabus akidah ahlak kls 12 ma



SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : Man 2 pangandaran
Mata Pelajaran          : Akidah Akhlak
Kelas/PROGAM               : xii.mia/iis/keagamaan
Semester                          : Ganjil


KOMPETENSI INTI :

KI-1  :
KI-2  :


KI-3 :

KI-4 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Memahami, menerapkan,  menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.1  Meyakini sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Al-Asma Al-Husna: al-Gaffar,al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khaliq dan al-Hakim
Nilai-nillai Mulia Tujuh Asmaul Husna : al-Gaffar,al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khaliq dan al-Hakim
Membimbing penghayatan
mengamalkan ajaran agama melalui beberapa Asmaul Husna



2.1 Terbiasam enerapkan nilai-nilai positif yang terkandung dalam Al-Asma Al-Husna: al-Gaffar, al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khaliq dan
al-Hakim dalamkeseharian
Kandungan dan makna dari al-Gaffar,al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khaliq dan al-Hakim
Pembiasaan sikap dengan  berdo’a menggunakan AsmaulHusna
Observasi atau Catatan jurnal


3.1       Memahami makna tujuh Al-Asma Al-Husna: al-Gaffar, al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib,
al-Hadi, al-Khaliq dan al-Hakim

a. Pengertian Asmaul Husna
b. Macam Asmau lHusna
c. Memahami makna Asmaul Husna
d. Hikmah dan Manfaat
AsmaulHusna
· Membaca Asmaul Husna
· Menyimak terjemahan Asmaul Husna
· Memperhatikan kandungan
yang terdapat dalam Asmaul
Husna
· Berdoa dengan Asmaul Husna
· Mencontoh Asmaul Husna
dalam kehidupan sehari-hari
· Siswa menanyakan mengenai kandungan dari Asmaul Husna
· Siswa lainnya memberi tanggapan atas pertanyaan yang muncul berhubungan dengan materi Asmaul Husna
· Guru memberi apresiasi atau
tanggapan terhadap pertanyaan
yang muncul serta terhadap
tanggapan dari siswa lainnya
· Menentukan sumber informasi
berkaitan dengan Asmaul Husna
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang pengertian Asmaul Husna dan artinya.
· Mencari hubungan antara
beberapa materi yang
ditemukan dalam litearatur
mengenai Asmaul Husna
dalam kehidupan sehari-hari
· Menganalisis hasil pemuannya berkaitan dengan  Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.

· Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan tentang pengertian Asmaul Husna dan artinya.
·   Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber
tentang pengertian
Asmaul Husna,
· Diskusi kelompok
membahas hasil
temuan tentang
pengertian Asmaul
Husna, nama-nama
Asmaul Husna,
macam-macam
Asmaul Husna,
hikmah Asmaul
Husna
· Mempresentasikan
tentang pengertian
Asmaul Husna, makna dan refleksi untuk memperindah akhlak

Observasi
Menilai keaktifan
siswa dalam
mengikuti proses
pembelajaran didalam
kelas atau saat
mengerjakan tugas.

Portofolio,
Menilai hasil
pekerjaan individu
maupun kelompok
tentang pengertian
Asmaul Husna, nama-namanya,
Hubungan Asmaul Husna, dan
makna Asmaul Husna
Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan
hasil belajar secara
individu tentang pengertian, definisi, hikmah dari Asmaul Husna
2 TM
(45 x 4)

· Buku Pedoman
Guru Mapel
Akidah Akhlak
MA, Kemenag
RI, 2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah Akhlak
MA, Kemenag
RI, 2014
· Al-Qur’an dan
Terjamahanya
· Buku
penunjang
lainnya yang
relevan
· Media cetak
dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung
4.1 Melafalkan dan menghafal Asmaul husna dengan baik
Tujuh Asmaul Husna yang mulia
Membimbing siswa menghafal dan memahami  Asmaul Husna
Penilaian diri dan teman


1.2. Menghayati nilai-nilai positif dari amal salih, toleransi, musawah, dan ukhuwwah

Membiasakan Akhlak Terpuji (amal shalih, toleransi, musawah dan
Ukhuwwah)

Membimbing penghayatan
mengamalkan akhlak terpuji ini dalam kehidupan sehari-hari
Penilaian diri atau teman


2.2 Terbiasa berperilaku amal shalih, toleransi, musawah dan ukhuwah dalam kehidupan
sehari-hari

Pengertian akhlak terpuji yaitu amal shalih, toleransi, tasamuh dan ukhuwah.

Membiasakan berakhlak terpuji dalam pergaulan sehari-hari
Observasi , catatan atau jurnal


3.2.Memahami pengertian dan pentingnya amal shalih, toleransi, musawah dan
Ukhuwwah

Definisi, contoh dan hikmah (amal shalih, toleransi, musawah dan
Ukhuwwah)

· Mengamati gambar yang
terkait dengan akhlak terpuji
amal shalih, toleransi, musawah danUkhuwwah)
· Menyimak penjelasan singkat
dari guru tentang pengantar akhlak terpuji tersebut
· Memberi komentar atau
menanya terhadap gambar yang terkait dengan akhlak terpuji
· Guru mempersilahkan siswa
lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
· Guru memberi tanggapan
atas pertanyaan atau tanggapan dari siswa.
· Menentukan sumber informasi berkaitan dengan akhlak mulia
· Mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber  termasuk media cetak dan elektronik tentang akhlak mulia amal shalih, toleransi, musawah danUkhuwwah)
· Merumuskan kembali hasil
temuan dari beberapa
sumber belajar mengenai
akhlak mulia
· Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan akhlak terpuji amal shalih, toleransi, musawah danUkhuwwah
· Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan akhlak terpuji
· Menyampaikan hasil belajar
atau hasil temuannya tentang
materi ini
Tugas:
· Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber tentang materi kajian
· Diskusi kelompok
· Presentasi


Observasi
Melihat media pembelajaran film atau lainnya


Portofolio
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang Akhlak mulia ini.

Tes Tulis/Lisan
Guru menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi dalam bab 2 (Membiasakan Akhlak Mulia)

2 TM
(45 x 4)

· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Al-Qur’a dan
 terjamahanya
· Buku penunjang lain (Hadits ataupun Tafsir) yang
relevan
· Media cetak
Dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung

4.2.      Menyajikan fakta  pentingnya amal salih, toleransi, dan ukhuwah



Penilaian Diri
Penilaian Teman


1.3. Menyadari dampak negatif dari perilaku nifaq dan keras hati(pemarah)
Menghindari Akhlak Tercela (perilaku nifaq dankeras hati  atau pemarah)
Membimbing siswa untuk menghayati meruginya bersikap tercela (Nifaq dan Pemarah)



2.3. Menghindari nilai-nilai negatif akibat perilaku nifaq keras hati (pemarah)
Pengertian akhlak tercela Nifaq dan  keras hati (pemarah)
Membiasakan berusaha diri menghindar dari perilaku Nifak dan keras hati



3.3. Memahami pengertian nifaq dan keras hati (pemarah)

Definisi, contoh dan hikmah menghindari sikap tercela nifak dan keras hati
· Mengamati gambar yang
terkait dengan akhlak tercela Nifaq dan pemarah
· Menyimak penjelasan singkat
dari guru tentang pengantar akhlak tercela tersebut
· Memberi komentar atau menanya terhadap gambar  terkait  dengan akhlak tercela nifaq atau pemarah
· Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
· Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
· Menentukan sumber informasi berkaitan dengan  Nifaq dan Pemarah sebagai Akhlak tercela
· Mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang akhlak tercela ini
· Merumuskan kembali hasil
temuan dari beberapa sumber belajar mengenai akhlak tercela ini
· Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan akhlak tercela Nifaq dan pemarah
· Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan meruginya jika bersikap seperti akhlak tercela tersebut
· Menyampaikan hasil belajar
atau hasil temuannya tentang
materi ini
Tugas:
· Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber tentang materi kajian
· Diskusi kelompok
· Presentasi

Observasi
Melihat media pembelajaran film atau lainnya

Portofolio
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang bab ini

Tes Tulis/Lisan
Guru menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi dalam Menghindari Akhlak tercela

2 TM
(45 x 4)

· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Al-Qur’a dan
 terjamahanya
· Buku penunjang lain (Hadits ataupun Tafsir) yang
relevan
· Media cetak
Dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung

4.3. Memaparkan dampak negatif dari perilaku nifaq dan keras hati (pemarah)






1.4. Menghayati adab yang baik dalam bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebihtua, yang lebih muda dan lawan jenis
Adab Pergaulan dalam Islam (dengan orang yang sebaya, yang lebihtua, yang lebih muda dan lawan jenis)
Membimbing siswa menghayati urgensi adab pergaulan yang baik dalam Islam



2.4. Terbiasa beradab yang baik dalam bergaul dengan orang yang sebaya lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis
Pengertian akhlak terpuji yaitu adab bergaul dan bermuamalah
Membiasakan beradab islami dalam bermuamalah sehari-hari dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis



3.4. Memahami adab bergaul dengan orang yang sebaya yang lebih tua yang lebih muda dan lawan jenis

Definisi, contoh dan hikmah muamalah yang baik dalam Islam

· Mengamati gambar yang
terkait dengan Adab pergaulan dalam Islam
· Menyimak penjelasan singkat
dari guru tentang pengantar akhlak terpuji tersebut
· Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang terkait dengan akhlak terpuji

· Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
· Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
· Menentukan sumber informasi berkaitan dengan akhlak mulia
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber  termasuk media cetak dan elektronik tentang Adab Pergaulan dalam Islam dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis
· Merumuskan kembali hasil
temuan dari beberapa sumber belajar tentang Muamalah dalam Islam
· Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan Adab Pergaulan dalam Islam dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis
· Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan Adab pergaulan dalam Islam
· Menyampaikan hasil belajar
atau hasil temuannya tentang
materi ini
Tugas:
· Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber tentang materi kajian
· Diskusi kelompok
· Presentasi

Observasi
Melihat media pembelajaran film atau lainnya

Portofolio
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang Adab pergaulan dalam Islam

Tes Tulis/Lisan
Guru menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi Adab pergaulan dalam Islam dengan orang yang sebaya, yang lebihtua, yang lebih muda dan lawan jenis
2 TM
(45 x 4)

· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Al-Qur’a dan
 terjamahanya
· Buku penunjang lain (Hadits ataupun Tafsir) yang
relevan
· Media cetak
Dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung

4.4. Mensimulasikan adab bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis







1.5. Menghayati keutamaan sifat-sifat Al-Gazali, Ibnu Sina
Meneladani sifat utama Al Ghazali dan Ibnu Sina
Membimbing siswa menghayati urgensi meneladani tokoh ulama terdahulu



2.5. Meneladani keutamaan sifat-sifat Al-Gazali, Ibnu Sina
Keteladanan dari sifat-sifat mulia yang dimiliki Al Ghazali dan Ibnu Sina
Membiasakan diri mengambil tauladan dari keutamaan tokoh ulama terdahulu



3.5. Menganalisis kisah keteladanan Al-Gazali dan Ibnu Sina

Sejarah kehidupan Al Ghazali dan Ibnu Sina, sikap mulia yang menjadikan mereka ulama dan tokoh dunia

· Mengamati gambar atau tayangan film sejarah yang terkait dengan Tokoh ulama terdahulu
· Menyimak penjelasan singkat
dari guru tentang Tokoh tersebut
· Memberi komentar atau
menanya terhadap gambar atau tayangan film sejarah yang terkait dengan Tokoh ulama terdahulu
· Guru mempersilahkan siswa
lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
· Guru memberi tanggapan atas  pertanyaan dan tanggapan siswa
· Menentukan sumber informasi berkaitan dengan gambar atau tayangan film sejarah yang terkait dengan Tokoh ulama terdahulu
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber  termasuk media cetak dan elektronik tentang
Ulama terdahulu
· Merumuskan kembali hasil
temuan dari beberapa sumber belajar tentang tokoh ulama dunia
· Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan gambar atau tayangan film sejarah yang terkait dengan Tokoh ulama terdahulu
· Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan tokoh ulama dunia
· Menyampaikan hasil belajar
atau hasil temuannya tentang
materi ini
Tugas:
· Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber tentang materi kajian
· Diskusi kelompok
· Presentasi

Observasi
Melihat media pembelajaran film atau lainnya




Portofolio
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang Tokoh ulama terdahulu

Tes Tulis/Lisan
Guru menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi tokoh ulama terdahu
2 TM
(45 x 4)

· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014

· Al-Qur’a dan
 terjamahanya
· Buku penunjang lain (Hadits ataupun Tafsir) yang
relevan
· Media cetak
Dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung

4.5. Menceritakan kisah keteladanan Al-Gazali dan Ibnu Sina

















                                                 Mengetahui                                                                                                                        Pangandaran,                                          
                                              Kepala    Madrasah                                                                                                           Guru  Mata Pelajaran



                                          Drs.Undang Abdul Hamid                                                                                                Sahlan Mujahid ,S.Pd.I
                                          NIP.196302231992031002                                                                                               NIP.197603062014121003
























SILABUS PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan    :  man 2 pangandaran
Mata Pelajaran          : Akidah Akhlak
Kelas/Peminatan        : XII .mia/iis/keagamaan
Semester                          : II (Genap)


Kompetensi Inti :

KI-1  :
KI-2  :


KI-3 :



KI-4 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Memahami, menerapkan,  menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.1. Menghayati pentingnya nilai-nilai positif pada kompetisi dalam kebaikan (fastabiq
al-khairat), optimis, dinamis, inovatif, dan kreatif
Membiasakan Akhlak terpuji
Membimbing penghayatan
mengamalkan akhlak terpuji ini dalam kehidupan sehari-hari
Penilaian diri atau teman


2.1. Membiasakan akhlak dengan semangat berkompetisi dalam kebaikan, optimis, dinamis, inovatif, dan kreatif

Membiasakan berakhlak terpuji nilai-nilai positif pada kompetisi dalam kebaikan , optimis, dinamis, inovatif, dan kreatif
dalam pergaulan sehari-hari
Observasi , catatan atau jurnal


3.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya perilaku semangat berkompetisi (fastabiq
al-khairat), optimis, dinamis, inovatif dan kreatif

Pengertian dan pentingnya perilaku semangat berkompetisi (fastabiq
al-khairat), optimis, dinamis, inovatif dan kreatif

· Mengamati gambar yang
terkait dengan akhlak terpuji
nilai-nilai positif pada kompetisi dalam kebaikan (fastabiq
al-khairat), optimis, dinamis, inovatif, dan kreatif
· Menyimak penjelasan singkat
dari guru tentang pengantar akhlak terpuji tersebut
· Memberi komentar atau
menanya terhadap gambar yang terkait dengan akhlak terpuji
· Guru mempersilahkan siswa
lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
· Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
· Menentukan sumber informasi berkaitan dengan akhlak mulia
· Mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber  termasuk media cetak dan elektronik tentang nilai-nilai positif pada kompetisi dalam kebaikan (fastabiq
al-khairat), optimis, dinamis, inovatif, dan kreatif
· Merumuskan kembali hasil
temuan dari beberapa
sumber belajar mengenai
akhlak mulia
· Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan nilai-nilai positif pada kompetisi dalam kebaikan (fastabiqal-khairat), optimis, dinamis, inovatif, dan kreatif
· Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja
· Menyampaikan hasil belajar
atau hasil temuannya tentang
materi ini
Tugas:
· Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber tentang materi kajian
· Diskusi kelompok
· Presentasi

Observasi
Melihat media pembelajaran film atau lainnya

Portofolio
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang Akhlak mulia ini.

Tes Tulis/Lisan
Guru menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi dalam bab ini (Membiasakan Akhlak Mulia)

2 TM
(45 x 4)

· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Al-Qur’a dan
 terjamahanya
· Buku penunjang lain (Hadits ataupun Tafsir) yang
relevan
· Media cetak
Dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung

4.1. Menyajikan contoh perilaku berkompetisi (fastabiq al-khairat), optimis, dinamis,
inovatif dan kreatif



Penilaian Diri
Penilaian Teman


1.2. Menghayati bahaya fitnah, namimah, dan ghibah

Menghindari Akhlak tercela
Membimbing siswa untuk menghayati meruginya bersikap tercela fitnah, namimah, dan ghibah




2.2. Menghindari hal-hal yang mengarah pada perilaku fitnah, namimah, dan ghibah

Membiasakan berusaha diri menghindar dari perilaku fitnah, namimah, dan ghibah



3.2. Menganalisis pengertian dan bahaya perilaku tercela fitnah, namimah, dan ghibah

Definisi, Bahaya dan cara menghindar dari Akhlak Tercela Fitnah, Namimah dan ghibah
· Mengamati gambar yang
terkait dengan akhlak tercela fitnah, namimah, dan ghibah
· Menyimak penjelasan singkat
dari guru tentang pengantar akhlak tercela tersebut
· Memberi komentar atau menanya terhadap gambar  terkait  dengan akhlak tercela fitnah, namimah, dan ghibah
· Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
· Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
· Menentukan sumber informasi berkaitan dengan  fitnah, namimah, dan ghibahsebagai Akhlak tercela
· Mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang akhlak tercela ini
· Merumuskan kembali hasil
temuan dari beberapa sumber belajar mengenai akhlak tercela ini
· Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan akhlak tercela fitnah, namimah, dan ghibah
· Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan meruginya jika bersikap seperti akhlak tercela tersebut
· Menyampaikan hasil belajar
atau hasil temuannya tentang
materi ini
Tugas:
· Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber tentang materi kajian
· Diskusi kelompok
· Presentasi

Observasi
Melihat media pembelajaran film atau lainnya

Portofolio
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang bab ini

Tes Tulis/Lisan
Guru menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi dalam Menghindari Akhlak tercela

2 TM
(45 x 4)

· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Al-Qur’a dan
 terjamahanya
· Buku penunjang lain (Hadits ataupun Tafsir) yang
relevan
· Media cetak
Dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung

4.2. Mempresentasikan pengertian dan bahaya perilaku tercela fitnah, namimah, dan
Ghibah














1.3. Meyakini keutamaan membaca Al-Qur’an dan berdo’a

Membiasakan Akhlak Terpuji membaca Al-Qur’an dan berdo’a

Membimbing penghayatan
mengamalkan akhlak terpuji ini dalam kehidupan sehari-hari
Penilaian diri atau teman


2.3. Terbiasa membaca Al-Qur’an dan berdoa dengan adab yang baik

Pengertian akhlak terpuji yaitu membaca Al-Qur’an dan berdo’a

Membiasakan berakhlak terpuji dalam pergaulan sehari-hari
Observasi , catatan atau jurnal


3.3. Memahami keutamaan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa dengan baik

Definisi, contoh dan hikmah membaca Al-Qur’an dan berdo’a

· Mengamati gambar  atau tayangan yang terkait dengan akhlak terpuji membaca Al-Qur’an dan berdo’a
· Menyimak penjelasan singkat
dari guru tentang pengantar akhlak terpuji tersebut
· Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang terkait dengan akhlak terpuji
· Guru mempersilahkan siswa
lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
· Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
· Menentukan sumber informasi berkaitan dengan akhlak mulia
· Mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber  termasuk media cetak dan elektronik tentang akhlak mulia membaca Al-Qur’an dan berdo’a
· Merumuskan kembali hasil
temuan dari beberapa sumber belajar mengenai akhlak mulia
· Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan akhlak terpuji
membaca Al-Qur’an dan berdo’a
· Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan membaca Al Qur’an dan berdoa dalam kehidupan sehari-hari
· Menyampaikan hasil belajar
atau hasil temuannya tentang
materi ini
Tugas:
· Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber tentang materi kajian
· Diskusi kelompok
· Presentasi

Observasi
Melihat media pembelajaran film atau lainnya

Portofolio
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang Akhlak mulia ini.

Tes Tulis/Lisan
Guru menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi dalam bab 2 (Membiasakan Akhlak Mulia)

2 TM
(45 x 4)

· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Al-Qur’a dan
 terjamahanya
· Buku penunjang lain (Hadits ataupun Tafsir) yang
relevan
· Media cetak
Dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung

4.3 Mempraktikkan akhlak (adab) membaca Al-Qur’an dan berdoa secara baik dan benar


Penilaian Diri
Penilaian Teman


1.4. Menghayati keutamaan sifat Ibn Rusyd dan  Muhammad Iqbal

Meneladani sifat utama Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal
Membimbing siswa menghayati urgensi meneladani tokoh ulama terdahulu



2.4. Meneladani keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal


Membiasakan diri mengambil tauladan dari keutamaan tokoh ulama terdahulu



3.4. Menganalisis keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal

Keutamaan akhlak Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal yang mengantar menjadi tokoh ulama dan pemikir dunia
· Mengamati gambar atau tayangan film sejarah yang terkait dengan Tokoh ulama terdahulu
· Menyimak penjelasan singkat
 tentang Tokoh ulama terdahulu
· Memberi komentar atau menanya terhadap gambar atau tayangan film sejarah yang terkait dengan Tokoh ulama terdahulu
· Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan · Guru memberi tanggapan
atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
· Menentukan sumber informasi berkaitan dengan gambar atau tayangan film sejarah yang terkait dengan Tokoh ulama terdahulu
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber  termasuk media cetak dan elektronik tentang
Ulama terdahulu
· Merumuskan kembali hasil
temuan dari beberapa sumber belajar tentang tokoh ulama dunia
· Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan gambar atau tayangan film sejarah yang terkait dengan Tokoh ulama terdahulu
· Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan tokoh ulama dunia
· Menyampaikan hasil belajar
atau hasil temuannya tentang
materi ini
Tugas:
· Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber tentang materi kajian
· Diskusi kelompok
· Presentasi

Observasi
Melihat media pembelajaran film atau lainnya

Portofolio
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang Tokoh ulama terdahulu

Tes Tulis/Lisan
Guru menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi tokoh ulama terdahu
2 TM
(45 x 4)

· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Al-Qur’a dan
 terjamahanya
· Buku penunjang lain (Hadits ataupun Tafsir) yang
relevan
· Media cetak
Dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung

4.4. Menceritakan keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal














                                                  Mengetahui                                                                                                                        Pangandaran,                                           
                                               Kepala    Madrasah                                                                                                           Guru  Mata Pelajaran



                                            Drs.Undang Abdul Hamid                                                                                                Sahlan Mujahid ,S.Pd.I
                                             NIP.196302231992031002                                                                                               NIP.197603062014121003


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP AKIDAH AHLAK KLS 12 MA

RPP AKIDAH AHLAK KLS 12.K.13