Silabus akidah ahlak kls 12 ma
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Man 2 pangandaran
Mata Pelajaran :
Akidah Akhlak
Kelas/PROGAM :
xii.mia/iis/keagamaan
Semester : Ganjil
KOMPETENSI INTI :
KI-1 :
KI-2 :
KI-3 :
KI-4 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
|
|||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
|
1.1 Meyakini sifat-sifat
Allah yang terkandung dalam Al-Asma Al-Husna: al-Gaffar,al-Razzaq, al-Malik,
al-Hasib, al-Hadi, al-Khaliq dan al-Hakim
|
Nilai-nillai Mulia Tujuh Asmaul Husna : al-Gaffar,al-Razzaq,
al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khaliq dan al-Hakim
|
Membimbing
penghayatan
mengamalkan
ajaran agama melalui beberapa Asmaul Husna
|
|
|
|
|
2.1 Terbiasam enerapkan nilai-nilai positif yang terkandung dalam
Al-Asma Al-Husna: al-Gaffar, al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi,
al-Khaliq dan
al-Hakim dalamkeseharian
|
Pembiasaan
sikap dengan berdo’a menggunakan
AsmaulHusna
|
Observasi atau Catatan jurnal
|
|
|
||
3.1 Memahami makna
tujuh Al-Asma Al-Husna: al-Gaffar, al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib,
al-Hadi, al-Khaliq dan al-Hakim
|
a. Pengertian Asmaul
Husna
b. Macam Asmau lHusna
c. Memahami makna
Asmaul Husna
d. Hikmah dan Manfaat
AsmaulHusna
|
· Membaca
Asmaul Husna
· Menyimak
terjemahan Asmaul Husna
· Memperhatikan
kandungan
yang terdapat dalam
Asmaul
Husna
· Berdoa
dengan Asmaul Husna
· Mencontoh
Asmaul Husna
dalam kehidupan
sehari-hari
· Siswa
menanyakan mengenai kandungan dari Asmaul Husna
· Siswa
lainnya memberi tanggapan atas pertanyaan yang muncul berhubungan dengan
materi Asmaul Husna
· Guru
memberi apresiasi atau
tanggapan terhadap
pertanyaan
yang muncul serta
terhadap
tanggapan dari siswa
lainnya
· Menentukan
sumber informasi
berkaitan dengan Asmaul Husna
· Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang
pengertian Asmaul Husna dan artinya.
· Mencari
hubungan antara
beberapa materi yang
ditemukan dalam
litearatur
mengenai Asmaul Husna
dalam kehidupan
sehari-hari
· Menganalisis
hasil pemuannya berkaitan dengan
Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.
· Mempresentasikan
kesimpulan berdasarkan hasil temuan tentang pengertian Asmaul Husna dan
artinya.
|
·
Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber
tentang pengertian
Asmaul Husna,
· Diskusi
kelompok
membahas hasil
temuan tentang
pengertian Asmaul
Husna, nama-nama
Asmaul Husna,
macam-macam
Asmaul Husna,
hikmah Asmaul
Husna
· Mempresentasikan
tentang pengertian
Asmaul Husna, makna
dan refleksi untuk memperindah akhlak
Observasi
Menilai keaktifan
siswa dalam
mengikuti proses
pembelajaran didalam
kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Menilai hasil
pekerjaan individu
maupun kelompok
tentang pengertian
Asmaul Husna,
nama-namanya,
Hubungan Asmaul
Husna, dan
makna Asmaul Husna
Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan
hasil belajar secara
individu tentang pengertian,
definisi, hikmah dari Asmaul Husna
|
2 TM
(45 x 4)
|
· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah Akhlak
MA, Kemenag
RI, 2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah Akhlak
MA, Kemenag
RI, 2014
· Al-Qur’an
dan
Terjamahanya
· Buku
penunjang
lainnya
yang
relevan
· Media
cetak
dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung
|
|
4.1 Melafalkan dan menghafal Asmaul husna dengan baik
|
Tujuh Asmaul Husna yang mulia
|
Membimbing siswa menghafal dan memahami Asmaul Husna
|
Penilaian diri dan teman
|
|
|
|
1.2. Menghayati
nilai-nilai positif dari amal salih, toleransi, musawah, dan ukhuwwah
|
Membiasakan
Akhlak Terpuji (amal shalih, toleransi, musawah dan
Ukhuwwah)
|
Membimbing
penghayatan
mengamalkan akhlak terpuji ini dalam kehidupan sehari-hari
|
Penilaian diri atau teman
|
|
|
|
2.2 Terbiasa berperilaku
amal shalih, toleransi, musawah dan ukhuwah dalam kehidupan
sehari-hari
|
Pengertian akhlak
terpuji yaitu amal shalih, toleransi, tasamuh dan ukhuwah.
|
Membiasakan berakhlak terpuji dalam pergaulan sehari-hari
|
Observasi , catatan atau jurnal
|
|
|
|
3.2.Memahami
pengertian dan pentingnya amal shalih, toleransi, musawah dan
Ukhuwwah
|
Definisi,
contoh dan hikmah (amal shalih,
toleransi, musawah dan
Ukhuwwah)
|
· Mengamati
gambar yang
terkait dengan akhlak
terpuji
amal shalih,
toleransi, musawah danUkhuwwah)
· Menyimak
penjelasan singkat
dari guru tentang
pengantar akhlak terpuji tersebut
· Memberi
komentar atau
menanya terhadap
gambar yang terkait dengan akhlak terpuji
· Guru
mempersilahkan siswa
lain untuk
menanggapai pertanyaan temannya
· Guru
memberi tanggapan
atas pertanyaan atau
tanggapan dari siswa.
· Menentukan
sumber informasi berkaitan dengan akhlak mulia
· Mengumpulkan
informasi
dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan
elektronik tentang akhlak mulia amal shalih,
toleransi, musawah danUkhuwwah)
· Merumuskan
kembali hasil
temuan dari beberapa
sumber belajar
mengenai
akhlak mulia
· Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan akhlak terpuji amal
shalih, toleransi, musawah danUkhuwwah
· Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan akhlak terpuji
· Menyampaikan
hasil belajar
atau hasil temuannya
tentang
materi ini
|
Tugas:
· Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber
tentang materi kajian
· Diskusi
kelompok
· Presentasi
Observasi
Melihat media
pembelajaran film atau lainnya
Portofolio
Guru menilai hasil
pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang
Akhlak mulia ini.
Tes Tulis/Lisan
Guru
menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi dalam bab 2
(Membiasakan Akhlak Mulia)
|
2 TM
(45 x 4)
|
· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Al-Qur’a
dan
terjamahanya
· Buku penunjang lain
(Hadits ataupun Tafsir) yang
relevan
· Media
cetak
Dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung
|
|
4.2. Menyajikan fakta pentingnya amal salih, toleransi, dan
ukhuwah
|
|
|
Penilaian Diri
Penilaian
Teman
|
|
|
|
1.3.
Menyadari dampak negatif dari perilaku nifaq dan keras hati(pemarah)
|
Menghindari Akhlak Tercela (perilaku nifaq dankeras hati atau pemarah)
|
Membimbing siswa untuk menghayati meruginya bersikap tercela
(Nifaq dan Pemarah)
|
|
|
|
|
2.3.
Menghindari nilai-nilai negatif akibat perilaku nifaq keras hati (pemarah)
|
Pengertian akhlak
tercela Nifaq dan keras hati (pemarah)
|
Membiasakan berusaha diri menghindar dari perilaku Nifak dan
keras hati
|
|
|
|
|
3.3.
Memahami pengertian nifaq dan
keras hati (pemarah)
|
Definisi,
contoh dan hikmah menghindari
sikap tercela nifak dan keras hati
|
· Mengamati
gambar yang
terkait dengan akhlak
tercela Nifaq dan pemarah
· Menyimak
penjelasan singkat
dari guru tentang
pengantar akhlak tercela tersebut
· Memberi
komentar atau menanya terhadap gambar
terkait dengan akhlak tercela
nifaq atau pemarah
· Guru
mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
· Guru
memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
· Menentukan
sumber informasi berkaitan dengan
Nifaq dan Pemarah sebagai Akhlak tercela
· Mengumpulkan
informasi
dari berbagai sumber
termasuk media cetak dan elektronik tentang akhlak tercela ini
· Merumuskan
kembali hasil
temuan dari beberapa
sumber belajar mengenai akhlak tercela ini
· Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan akhlak tercela Nifaq dan pemarah
· Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan meruginya jika bersikap
seperti akhlak tercela tersebut
· Menyampaikan
hasil belajar
atau hasil temuannya
tentang
materi
ini
|
Tugas:
· Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber
tentang materi kajian
· Diskusi
kelompok
· Presentasi
Observasi
Melihat media
pembelajaran film atau lainnya
Portofolio
Guru menilai hasil
pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang
bab ini
Tes Tulis/Lisan
Guru
menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi dalam Menghindari
Akhlak tercela
|
2 TM
(45 x 4)
|
· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Al-Qur’a
dan
terjamahanya
· Buku penunjang lain
(Hadits ataupun Tafsir) yang
relevan
· Media
cetak
Dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung
|
|
4.3.
Memaparkan dampak negatif dari perilaku nifaq dan keras hati (pemarah)
|
|
|
|
|
|
|
1.4.
Menghayati adab yang baik dalam bergaul dengan orang yang sebaya, yang
lebihtua, yang lebih muda dan lawan jenis
|
Adab Pergaulan dalam Islam (dengan orang yang sebaya, yang lebihtua, yang
lebih muda dan lawan jenis)
|
Membimbing siswa menghayati urgensi adab pergaulan yang baik
dalam Islam
|
|
|
|
|
2.4.
Terbiasa beradab yang baik dalam bergaul dengan orang yang sebaya lebih tua,
yang lebih muda dan lawan jenis
|
Pengertian akhlak
terpuji yaitu adab bergaul
dan bermuamalah
|
Membiasakan beradab islami dalam bermuamalah sehari-hari dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang
lebih muda dan lawan jenis
|
|
|
|
|
3.4.
Memahami adab bergaul dengan orang yang sebaya yang lebih tua yang lebih muda
dan lawan jenis
|
Definisi,
contoh dan hikmah muamalah
yang baik dalam Islam
|
· Mengamati
gambar yang
terkait dengan Adab
pergaulan dalam Islam
· Menyimak
penjelasan singkat
dari guru tentang
pengantar akhlak terpuji tersebut
· Memberi
komentar atau menanya terhadap gambar yang terkait dengan akhlak terpuji
· Guru
mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
· Guru
memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
· Menentukan
sumber informasi berkaitan dengan akhlak mulia
· Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber
termasuk media cetak dan elektronik tentang Adab Pergaulan dalam Islam
dengan orang yang sebaya, yang
lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis
· Merumuskan
kembali hasil
temuan dari beberapa
sumber belajar tentang Muamalah dalam Islam
· Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan Adab Pergaulan dalam Islam dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang
lebih muda dan lawan jenis
· Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan Adab pergaulan dalam Islam
· Menyampaikan
hasil belajar
atau hasil temuannya
tentang
materi ini
|
Tugas:
· Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber
tentang materi kajian
· Diskusi
kelompok
· Presentasi
Observasi
Melihat media
pembelajaran film atau lainnya
Portofolio
Guru menilai hasil
pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang
Adab pergaulan dalam Islam
Tes Tulis/Lisan
Guru
menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi Adab pergaulan dalam
Islam dengan orang yang
sebaya, yang lebihtua, yang lebih muda dan lawan jenis
|
2 TM
(45 x 4)
|
· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Al-Qur’a
dan
terjamahanya
· Buku penunjang lain
(Hadits ataupun Tafsir) yang
relevan
· Media
cetak
Dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung
|
|
4.4.
Mensimulasikan adab bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang
lebih muda dan lawan jenis
|
|
|
|
|
|
|
1.5.
Menghayati keutamaan sifat-sifat Al-Gazali, Ibnu Sina
|
Meneladani sifat utama Al Ghazali dan Ibnu Sina
|
Membimbing siswa menghayati urgensi meneladani tokoh ulama
terdahulu
|
|
|
|
|
2.5.
Meneladani keutamaan sifat-sifat Al-Gazali, Ibnu Sina
|
Keteladanan dari
sifat-sifat mulia yang dimiliki Al Ghazali dan Ibnu Sina
|
Membiasakan diri mengambil tauladan dari keutamaan tokoh ulama
terdahulu
|
|
|
|
|
3.5.
Menganalisis kisah keteladanan Al-Gazali dan Ibnu Sina
|
Sejarah kehidupan Al Ghazali dan Ibnu Sina, sikap mulia yang
menjadikan mereka ulama dan tokoh dunia
|
· Mengamati
gambar atau tayangan film sejarah yang terkait dengan Tokoh ulama terdahulu
· Menyimak
penjelasan singkat
dari guru tentang
Tokoh tersebut
· Memberi
komentar atau
menanya terhadap
gambar atau tayangan film sejarah yang terkait dengan Tokoh ulama terdahulu
· Guru
mempersilahkan siswa
lain untuk
menanggapai pertanyaan temannya
· Guru
memberi tanggapan atas pertanyaan dan
tanggapan siswa
· Menentukan
sumber informasi berkaitan dengan gambar atau tayangan film sejarah yang
terkait dengan Tokoh ulama terdahulu
· Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber
termasuk media cetak dan elektronik tentang
Ulama terdahulu
· Merumuskan
kembali hasil
temuan dari beberapa
sumber belajar tentang tokoh ulama dunia
· Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan gambar atau tayangan film sejarah yang
terkait dengan Tokoh ulama terdahulu
· Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan tokoh ulama dunia
· Menyampaikan
hasil belajar
atau hasil temuannya
tentang
materi ini
|
Tugas:
· Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber
tentang materi kajian
· Diskusi
kelompok
· Presentasi
Observasi
Melihat media
pembelajaran film atau lainnya
Portofolio
Guru menilai hasil
pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang
Tokoh ulama terdahulu
Tes Tulis/Lisan
Guru
menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi tokoh ulama terdahu
|
2 TM
(45 x 4)
|
· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Al-Qur’a
dan
terjamahanya
· Buku penunjang lain
(Hadits ataupun Tafsir) yang
relevan
· Media
cetak
Dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung
|
|
4.5.
Menceritakan kisah keteladanan Al-Gazali dan Ibnu Sina
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Pangandaran,
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs.Undang Abdul Hamid Sahlan Mujahid ,S.Pd.I
NIP.196302231992031002
NIP.197603062014121003
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
man 2 pangandaran
Mata Pelajaran :
Akidah Akhlak
Kelas/Peminatan :
XII .mia/iis/keagamaan
Semester : II (Genap)
Kompetensi Inti :
KI-1 :
KI-2 :
KI-3 :
KI-4 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
|
|||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
|
1.1.
Menghayati pentingnya nilai-nilai positif pada kompetisi dalam kebaikan (fastabiq
al-khairat),
optimis, dinamis, inovatif, dan kreatif
|
Membiasakan Akhlak terpuji
|
Membimbing
penghayatan
mengamalkan akhlak terpuji ini dalam kehidupan sehari-hari
|
Penilaian diri atau teman
|
|
|
|
2.1.
Membiasakan akhlak dengan semangat berkompetisi dalam kebaikan, optimis,
dinamis, inovatif, dan kreatif
|
|
Membiasakan
berakhlak terpuji nilai-nilai
positif pada kompetisi dalam kebaikan , optimis, dinamis, inovatif, dan kreatif
dalam pergaulan sehari-hari
|
Observasi , catatan atau jurnal
|
|
|
|
3.1.
Menjelaskan pengertian dan pentingnya perilaku semangat berkompetisi (fastabiq
al-khairat),
optimis, dinamis, inovatif dan kreatif
|
Pengertian dan pentingnya perilaku semangat berkompetisi (fastabiq
al-khairat),
optimis, dinamis, inovatif dan kreatif
|
· Mengamati
gambar yang
terkait dengan akhlak
terpuji
nilai-nilai
positif pada kompetisi dalam kebaikan (fastabiq
al-khairat),
optimis, dinamis, inovatif, dan kreatif
· Menyimak
penjelasan singkat
dari guru tentang
pengantar akhlak terpuji tersebut
· Memberi
komentar atau
menanya terhadap
gambar yang terkait dengan akhlak terpuji
· Guru
mempersilahkan siswa
lain untuk
menanggapai pertanyaan temannya
· Guru
memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
· Menentukan
sumber informasi berkaitan dengan akhlak mulia
· Mengumpulkan
informasi
dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan
elektronik tentang nilai-nilai
positif pada kompetisi dalam kebaikan (fastabiq
al-khairat),
optimis, dinamis, inovatif, dan kreatif
· Merumuskan
kembali hasil
temuan dari beberapa
sumber belajar
mengenai
akhlak mulia
· Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan nilai-nilai positif pada kompetisi dalam kebaikan (fastabiqal-khairat), optimis, dinamis, inovatif, dan kreatif
· Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja
· Menyampaikan
hasil belajar
atau hasil temuannya
tentang
materi ini
|
Tugas:
· Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber
tentang materi kajian
· Diskusi
kelompok
· Presentasi
Observasi
Melihat media
pembelajaran film atau lainnya
Portofolio
Guru menilai hasil
pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang
Akhlak mulia ini.
Tes Tulis/Lisan
Guru
menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi dalam bab ini
(Membiasakan Akhlak Mulia)
|
2 TM
(45 x 4)
|
· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Al-Qur’a
dan
terjamahanya
· Buku penunjang lain
(Hadits ataupun Tafsir) yang
relevan
· Media
cetak
Dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung
|
|
4.1.
Menyajikan contoh perilaku berkompetisi (fastabiq al-khairat), optimis, dinamis,
inovatif
dan kreatif
|
|
|
Penilaian Diri
Penilaian
Teman
|
|
|
|
1.2.
Menghayati bahaya fitnah, namimah,
dan ghibah
|
Menghindari Akhlak tercela
|
Membimbing
siswa untuk menghayati meruginya bersikap tercela fitnah, namimah, dan ghibah
|
|
|
|
|
2.2.
Menghindari hal-hal yang mengarah pada perilaku fitnah, namimah, dan ghibah
|
|
Membiasakan
berusaha diri menghindar dari perilaku fitnah, namimah, dan ghibah
|
|
|
|
|
3.2.
Menganalisis pengertian dan bahaya perilaku tercela fitnah, namimah, dan ghibah
|
Definisi, Bahaya dan cara menghindar dari Akhlak Tercela Fitnah,
Namimah dan ghibah
|
· Mengamati
gambar yang
terkait dengan akhlak
tercela fitnah, namimah, dan ghibah
· Menyimak
penjelasan singkat
dari guru tentang
pengantar akhlak tercela tersebut
· Memberi
komentar atau menanya terhadap gambar
terkait dengan akhlak tercela fitnah, namimah, dan ghibah
· Guru
mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
· Guru
memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
· Menentukan
sumber informasi berkaitan dengan fitnah, namimah, dan ghibahsebagai Akhlak
tercela
· Mengumpulkan
informasi
dari berbagai sumber
termasuk media cetak dan elektronik tentang akhlak tercela ini
· Merumuskan
kembali hasil
temuan dari beberapa
sumber belajar mengenai akhlak tercela ini
· Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan akhlak tercela fitnah, namimah, dan ghibah
· Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan meruginya jika bersikap
seperti akhlak tercela tersebut
· Menyampaikan
hasil belajar
atau hasil temuannya
tentang
materi
ini
|
Tugas:
· Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber
tentang materi kajian
· Diskusi
kelompok
· Presentasi
Observasi
Melihat media
pembelajaran film atau lainnya
Portofolio
Guru menilai hasil
pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang
bab ini
Tes Tulis/Lisan
Guru
menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi dalam Menghindari
Akhlak tercela
|
2 TM
(45 x 4)
|
· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Al-Qur’a
dan
terjamahanya
· Buku penunjang lain
(Hadits ataupun Tafsir) yang
relevan
· Media
cetak
Dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung
|
|
4.2.
Mempresentasikan pengertian dan bahaya perilaku tercela fitnah, namimah, dan
Ghibah
|
|
|
|
|
|
|
1.3.
Meyakini keutamaan membaca Al-Qur’an dan berdo’a
|
Membiasakan
Akhlak Terpuji membaca
Al-Qur’an dan berdo’a
|
Membimbing
penghayatan
mengamalkan akhlak terpuji ini dalam kehidupan sehari-hari
|
Penilaian diri atau teman
|
|
|
|
2.3.
Terbiasa membaca Al-Qur’an dan berdoa dengan adab yang baik
|
Pengertian akhlak terpuji
yaitu membaca Al-Qur’an
dan berdo’a
|
Membiasakan berakhlak terpuji dalam pergaulan sehari-hari
|
Observasi , catatan atau jurnal
|
|
|
|
3.3.
Memahami keutamaan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa dengan baik
|
Definisi,
contoh dan hikmah membaca
Al-Qur’an dan berdo’a
|
· Mengamati
gambar atau tayangan yang terkait
dengan akhlak terpuji membaca
Al-Qur’an dan berdo’a
· Menyimak
penjelasan singkat
dari guru tentang
pengantar akhlak terpuji tersebut
· Memberi
komentar atau menanya terhadap gambar yang terkait dengan akhlak terpuji
· Guru
mempersilahkan siswa
lain untuk
menanggapai pertanyaan temannya
· Guru
memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
· Menentukan
sumber informasi berkaitan dengan akhlak mulia
· Mengumpulkan
informasi
dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan
elektronik tentang akhlak mulia membaca Al-Qur’an dan berdo’a
· Merumuskan
kembali hasil
temuan dari beberapa
sumber belajar mengenai akhlak mulia
· Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan akhlak terpuji
membaca
Al-Qur’an dan berdo’a
· Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan membaca Al Qur’an dan
berdoa dalam kehidupan sehari-hari
· Menyampaikan
hasil belajar
atau hasil temuannya
tentang
materi ini
|
Tugas:
· Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber
tentang materi kajian
· Diskusi
kelompok
· Presentasi
Observasi
Melihat media
pembelajaran film atau lainnya
Portofolio
Guru menilai hasil
pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang
Akhlak mulia ini.
Tes Tulis/Lisan
Guru
menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi dalam bab 2
(Membiasakan Akhlak Mulia)
|
2 TM
(45 x 4)
|
· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Al-Qur’a
dan
terjamahanya
· Buku penunjang lain
(Hadits ataupun Tafsir) yang
relevan
· Media
cetak
Dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung
|
|
4.3
Mempraktikkan akhlak (adab) membaca Al-Qur’an dan berdoa secara baik dan
benar
|
|
|
Penilaian Diri
Penilaian
Teman
|
|
|
|
1.4.
Menghayati keutamaan sifat Ibn Rusyd dan
Muhammad Iqbal
|
Meneladani sifat utama Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal
|
Membimbing siswa menghayati urgensi meneladani tokoh ulama
terdahulu
|
|
|
|
|
2.4.
Meneladani keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal
|
|
Membiasakan diri mengambil tauladan dari keutamaan tokoh ulama
terdahulu
|
|
|
|
|
3.4.
Menganalisis keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal
|
Keutamaan akhlak Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal yang mengantar menjadi
tokoh ulama dan pemikir dunia
|
· Mengamati
gambar atau tayangan film sejarah yang terkait dengan Tokoh ulama terdahulu
· Menyimak
penjelasan singkat
tentang Tokoh ulama terdahulu
· Memberi
komentar atau menanya terhadap gambar atau tayangan film sejarah yang terkait
dengan Tokoh ulama terdahulu
· Guru
mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan · Guru memberi
tanggapan
atas pertanyaan dan
tanggapan dari siswa.
· Menentukan
sumber informasi berkaitan dengan gambar atau tayangan film sejarah yang
terkait dengan Tokoh ulama terdahulu
· Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber
termasuk media cetak dan elektronik tentang
Ulama terdahulu
· Merumuskan
kembali hasil
temuan dari beberapa
sumber belajar tentang tokoh ulama dunia
· Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan gambar atau tayangan film sejarah yang
terkait dengan Tokoh ulama terdahulu
· Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan tokoh ulama dunia
· Menyampaikan
hasil belajar
atau hasil temuannya
tentang
materi ini
|
Tugas:
· Mengumpulkan
informasi dari
berbagai sumber
tentang materi kajian
· Diskusi
kelompok
· Presentasi
Observasi
Melihat media
pembelajaran film atau lainnya
Portofolio
Guru menilai hasil
pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang
Tokoh ulama terdahulu
Tes Tulis/Lisan
Guru
menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi tokoh ulama terdahu
|
2 TM
(45 x 4)
|
· Buku
Pedoman
Guru Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Buku
Pegangan
Siswa Mapel
Akidah
Akhlak MA,
Kemenag RI,
2014
· Al-Qur’a
dan
terjamahanya
· Buku penunjang lain
(Hadits ataupun Tafsir) yang
relevan
· Media
cetak
Dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan
sekitar yang
mendukung
|
|
4.4.
Menceritakan keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Pangandaran,
Kepala
Madrasah
Guru
Mata Pelajaran
Drs.Undang Abdul Hamid Sahlan Mujahid ,S.Pd.I
NIP.196302231992031002
NIP.197603062014121003
Komentar
Posting Komentar